Archive Pages Design$type=blogging

Fakta Mengenai Kakapo Si Burung Betet Terberat di Dunia

Kakapo merupakan jenis burung berparuh bengkok atau Betet yang hanya bisa di temukan di Wilayah Selandia Baru. Burung tersebut di beri julu...

Kakapo merupakan jenis burung berparuh bengkok atau Betet yang hanya bisa di temukan di Wilayah Selandia Baru. Burung tersebut di beri julukan burung hantu berbulu wajah lembut (Strigops habroptilus). Ia memiliki bulu yang sangat lembut dan di wajahnya ditumbuhi bulu-bulu yang halus, seperti burung hantu.
Di Wilayah Selandia Baru hewan ini sangat di lindungi karena habitatnya sedikit demi sedikit mulai berkurang.

Inila Fakta- Fakta Mengenai Kakapo Si Burung Betet Terberat di Dunia menjadi di lindungi

1. Kakapo adalah burung yang kokoh. Tidak seperti burung darat lainnya, kakapo dapat menyimpan sejumlah besar energi sebagai lemak tubuh. Kakapo adalah burung bayan terberat di dunia dengan tinggi sekitar 60 cm, beratnya antara 1,8 hingga 4 kilogram.
2. Kakapo akan terpaku diam ketika terkejut. Ini adalah salah satu mekanisme pertahanan mereka. Dengan diam membeku, mereka berharap untuk menyatu dengan latar belakang ketika bahaya sudah dekat. Mekanisme ini bekerja dengan baik ketika predator mereka hanya elang yang menggunakan penglihatan untuk berburu; namun tidak begitu sukses ketika predator mamalia yang mengandalkan indra penciuman mereka untuk mencari mangsa, datang ke habitat mereka.
3. Kakapo adalah satu-satunya burung bayan/betet yang tidak terbang di dunia. Mereka menggunakan sayap pendek mereka untuk keseimbangan dan dukungan, dari pada mengepakkan sayapnya untuk terbang. Bulu mereka jauh lebih lembut daripada burung lain karena bulu-bulu mereka tidak perlu menjadi kuat dan cukup kaku untuk mendukung penerbangan.

4. Mereka berbau harum. Kakapo memiliki bau harum yang dikembangkan dengan baik, berguna dalam gaya hidup malam hari nya. Ia juga memiliki apa yang digambarkan sebagai musty-sweet odor. Ini mungkin membantu Kakapos untuk menemukan satu sama lain di hutan; sayangnya, hal ini justru membantu predator mamalia untuk menemukan mereka.

5. Jantan memikat betina dengan lagu dan tarian kelompok. Selama musim kawin, Kakapo jantan bisa berjalan hingga 4 kilometer untuk mencapai arena khusus di mana mereka bersaing satu sama lain untuk menarik perhatian betina. Setiap jantan menggali mangkuk di tanah, sering di daerah sebelah sisi batu atau sisi sungai untuk membantu memantulkan panggilan kawin nya. Untuk menarik betina, jantan mengeluarkan suara "booming" yang keras berfrekuensi rendah yang dapat terdengar hingga sejauh 3 mil. Setelah memancarkan sekitar 20-30 suara booming, mereka beralih ke suara "ching" yang bernada tinggi. Ching dan booming ini dapat berlangsung selama delapan jam setiap malam, pada malam-malam selama musim kawin yang sekitar 2-4 bulan.
6. Meskipun mereka tidak bisa terbang, mereka dapat berkeliaran. Kakapo memiliki kaki yang kuat yang membuatnya menjadi hiker dan pendaki yang baik. Mereka juga bisa memanjat pohon-pohon tinggi dan menggunakan sayap mereka sebagai "parasut" untuk turun ke lantai hutan.
7. Mereka terancam punah. Masalah ini berawal dengan kedatangan pemukim Māori di pulau mereka, dan semakin intensif ketika orang Eropa tiba. Baik suku Maori maupun orang eropa mengambil alih area luas dari habitat kakapo dan membawa serta predator seperti kucing, tikus dan cerpelai yang kakapo tidak memiliki pertahanan terhadapnya. Pada 1980-an, Departemen Konservasi Selandia Baru, menerapkan Kakapo Recovery Plan. Rencana itu melibatkan pengumpulan dan relokasi Kakapo ke pulau-pulau bebas predator, mendirikan stasiun pemberian makanan tambahan bagi burung-burung tersebut, dan kadang-kadang membantu untuk menginkubasi telur-telur Kakapo. Upaya ini telah mencegah kepunahan kakapo, tapi mereka masih terancam punah. Pada awal tahun 2012, hanya ada 126 Kakapos di alam liar.

8. Mereka jinak dan ramah. Baik Māori ataupun pemukim Eropa awal, terpikat untuk memelihara Kakapo sebagai hewan peliharaan. Bahkan Kakapo liar dikenal karena mereka tidak takut mendekati, memanjat, dan bertengger di tubuh manusia. George Edward Grey, ahli burung Inggris yang pertama kali menjelaskan kakapo tahun 1845, pernah menulis bahwa perilaku kakapo peliharaannya terhadap dia dan teman-temannya adalah "lebih mirip seekor anjing dari pada seekor burung."

9. Mereka aktif di malam hari. Kakapo bertengger di pohon atau di tanah di siang hari dan hanya aktif di malam hari.

10. Mereka mungkin adalah salah satu burung yang memiliki rentang hidup paling lama. Kakapo tumbuh dengan lambat. Jantannya tidak mulai berkembang biak sampai mereka berusia sekitar empat tahun, dan betinanya sekitar enam tahun. Harapan hidup mereka lebih dari 90 tahun. unik menggelitik
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Fakta Mengenai Kakapo Si Burung Betet Terberat di Dunia
Fakta Mengenai Kakapo Si Burung Betet Terberat di Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0Ga8caleKrn3vqOOohZHeifFOwj5Tu7JIxwI4KQKGO-5wp4MhPvEnBJfEQ2TjmiEBBU5Wz_oX3lSUH29eq0k29s8DSsKkb5tqjDP58wn879_cE5uMm3EdDs7mnldnKNIqOVa-ECBvdQ0/s1600/Fakta+Mengenai+Kakapo+Si+Burung+Betet+Terberat+di+Dunia22.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0Ga8caleKrn3vqOOohZHeifFOwj5Tu7JIxwI4KQKGO-5wp4MhPvEnBJfEQ2TjmiEBBU5Wz_oX3lSUH29eq0k29s8DSsKkb5tqjDP58wn879_cE5uMm3EdDs7mnldnKNIqOVa-ECBvdQ0/s72-c/Fakta+Mengenai+Kakapo+Si+Burung+Betet+Terberat+di+Dunia22.jpg
Unik Menggelitik
http://unikgeli.blogspot.com/2015/09/fakta-mengenai-kakapo-si-burung-betet.html
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2015/09/fakta-mengenai-kakapo-si-burung-betet.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago