Archive Pages Design$type=blogging

Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?

Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?

Wudu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan salat.(wikipedia)

Namun, berbeda dengan orang tersebut yang dikisahkan masuk kedalam neraka dikarenakan air wudhu.
Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?

Dikisahkan dua orang dengan kondisi yang berbeda :
seorang laki-laki kaya raya dan perempuan miskin. Dalam keseharian, keduanya tampak begitu berbeda. Sang lelaki yang hidupnya disibukkan oleh aktivitas duniawi, sementara wanita yang miskin itu justru menghabiskan waktunya untuk selalu beribadah.

Kesungguhan dan kerja keras lelaki tersebut membawanya pada kemapanan ekonomi yang diidamkan. Kekayaannya tak ia nikmati sendiri. Keluarga yang menjadi tanggung jawabnya merasakan dampak ketercukupan karena jerih payahnya. Lelaki ini memang sedang berkerja untuk kebutuhan rumah tangga dan pendidikan anak-anaknya.

Berbeda dengan nasib yang dialami perempuan miskin. Para tetangganya tidak menemukan harta apapun di rumahnya. Kecuali sebuah bejana dengan persediaan air wudhu di dalamnya. Ya, bagi wanita taat ini, air wudhu menjadi kekayaan yang membanggakan meski hidup masih pas-pasan. Bukankah kesucian menjadikan ibadah kita lebih diterima dan khidmat? Dan karenanya menjanjikan balasan yang jauh lebih agung dari sekedar kekayaan duniawi yang sementara?

Syekh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani dalam kitab al-Minahus Saniyyah mengisahkan, suatu ketika ada seorang yang mengambil wudhu dari bejana milik perempuan itu. Melihat hal tersebut, si perempuan berbisik dalam hati, “Kalau air itu habis, lalu bagaimana aku akan berwudhu untuk menunaikan sholat sunnah nanti malam?”

Apa yang tampak secara lahir tak selalu menunjukkan keadaan sebenarnya. Diceritakan, setelah meniggal dunia, keadaan keduanya jauh berbeda. Sang lelaki kaya raya itu mendapat kenikmatan surga, sementara si perempuan miskin yang taat beribadah itu justru masuk neraka. Kenapa itu bisa terjadi?
Lelaki kaya raya tersebut menerima kemuliaan lantaran sikap zuhudnya dari gemerlap duniawi. Kekayaannya yang banyak tak lantas membuatnya larut dalam kemewahan, cinta dunia, serta kebakhilan. Apa yang dimilikinya semata untuk kebutuhan hidup, menunjang keadaan untuk mencari ridha Allah SWT.

Pandangan hidup semacam ini tak dimiliki si perempuan. Hidupnya yang serba kekurangan justru menjerumuskan hatinya pada cinta kebendaan. Buktinya, ia tak mampu merelakan orang lain berwudhu dengan airnya, meski dengan alasan untuk beribadah. Ketidakikhlasannya adalah petunjuk bahwa ia miskin bukan karena terlepas dari cinta kebendaan melainkan “dipaksa” oleh keadaan. 

Syekh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani menjelaskan dalam kitab yang sama bahwa zuhud adalah meninggalkan kecenderungan hati pada kesenangan duniawi, tapi bukan berarti mengosongkan tangan dari harta sama sekali. Segenap kekayaan dunia direngkuh untuk memenuhi kadar kebutuhan dan memaksimalkan keadaan untuk beribadah kepada-Nya.

Nasihat ulama sufi ini juga berlaku kebalikannya. Untuk cinta dunia, seseorang tak mesti menjadi kaya raya terlebih dahulu. Karena zuhud memang berurusan dengan hati, bukan secara langsung dengan alam bendawi.unik menggelitik
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?
Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?
Kisah Seseorang Yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPiwdWOisxECSnJbO49fv2kCJEJkOVCvK9UK2AHIysefCV-G3GPlm9Lm-cuprcVEkMcyTLsK_tbAj28vMKg0bfU1LqlLKqBEwv8s5hLLfP5ty_z6Gkuy4wwRDIZNUa9SWbZuoxPGHv1G4/s640/Kisah+Seseorang+Yang+Masuk+Neraka+Karena+Air+Wudhu.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPiwdWOisxECSnJbO49fv2kCJEJkOVCvK9UK2AHIysefCV-G3GPlm9Lm-cuprcVEkMcyTLsK_tbAj28vMKg0bfU1LqlLKqBEwv8s5hLLfP5ty_z6Gkuy4wwRDIZNUa9SWbZuoxPGHv1G4/s72-c/Kisah+Seseorang+Yang+Masuk+Neraka+Karena+Air+Wudhu.jpg
Unik Menggelitik
http://unikgeli.blogspot.com/2016/06/kisah-seseorang-yang-masuk-neraka.html
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2016/06/kisah-seseorang-yang-masuk-neraka.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago