Archive Pages Design$type=blogging

10 Jajanan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai

10 Jajan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai

Ada banyak jajan pasar yg sudah sangat jarang kita jumpai, ketika jauh dari kampung halaman. Bahkan, bisa jadi tidak ada sama sekalii di sekitar kita seperti lupis, cenil dll. Berikut ini beberapa jajanan pasar yang dulunya populer dan sering kita jumpai di pasar.
10 Jajan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai

1. Kue Lemet
Kue lemet pada umumnya dibungkus dengan daun pisang sehingga lebih alami, dan selain itu pada umumnya juga berbentuk agak pipih memanjang. Kue lemet memiliki daging yang berwarna cokelat tua, hal ini karena ketika membuat dicampur dengan gula Jawa, dan ketika digigit juga agak terasa sedikit kenyal dan lengket. Mungkin karena hal inilah kue ini dinamakan lemet karena di beberapa daerah di Jawa ada yang mengartikannya sebagai "lengket".

2. Kue Moho
Kue moho adalah kue tradisional yang berasal dari Jawa. Kue ini sering disajkan untuk acara festival sembahyang. Bentuk dan rasanya yang khas membuat kue ini berbeda dengan yang lain. Meskipun sekilas mirip bakpao, namun pada bagian atasnya ada warna merah yang membuat penampilannya semakin cantik. Selain itu rasanya juga lebih manis dan teksturnya juga lebih padat.
3. Kue Mendut
Kue mendut adalah kue tradisional berbungkus daun. Kue mendut terbuat dari tepung beras ketan dengan isi kelapa & gula jawa. Kue mendut ini memiliki aroma khas daun pandan yang wangi.

4. Sengkulun
Kue Sengkulun hidangan khas Jawa Tengah, hampir hilang dari peredaran. Biasanya disajikan pada saat arisan, hantaran pernikahan dan sebagainya. Kue ini biasanya dibuat dalam loyang. Setelah matang ditaruh pada wadah dan dipotong persegi kecil.

5. Kue Cucur
Kue cucur adalah kue jajanan pasar yang paling banyak disukai oleh semua orang pada zaman dulu. Kue ini memiliki bentuk yang bulat pipih berwarna coklat dan memiliki tekstur yang sangat kenyal.

6. Lupis
Kue lupis adalah jajanan nusantara yang termasuk ke dalam kategori kue basah. Kue lupis biasa disajikan dengan ketan dan kuah gula merah.

7. Cenil
Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir/kuah gula merah.

8. Clorot
Kue clorot, yang merupakan kue khas Jawa yang memiliki rasa yang manis aroma gula merah, yang sekarang sudah sangat langka yang membuat kue tersebut. Selain rasanya yang enak, kue ini memiliki khas yang unik yaitu dibungkus oleh daun kelapa yang masih muda atau orang Jawa sering menyebutnya sebagai janur kuning, yang dibentuk seperti terompet atau kerucut.

9. Grontol
Grontol adalah salah satu makanan tradisional di pulau jawa umumnya, kue ini dibuat dari bahan dasar jagung dengan ditaburi parutan kelapa.

10. Sawut
Sawut menggunakan bahan sederhana yaitu singkong tetapi rasa kenyal gurihnya bakal mengusik lidah. Apalagi jika dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Referensi :
kaskus.co.id
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: 10 Jajanan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai
10 Jajanan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai
10 Jajan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Di Jumpai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVk2wPeWTtnqfW2rkq7FH65cSwjEQBRilf_hPD0BZGz5zOmZJ0HRPtFzON2VmTAklbucdF1tWwvxquT05S3OpzZkKu1KEj9lxpaw4XnJfd6QXYggGwwdmGHIR6ujh1Iiqmqbbdpm-orOw/s320/10+Jajanan+Pasar+Yang+Kini+Mulai+Jarang+Di+Jumpai.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVk2wPeWTtnqfW2rkq7FH65cSwjEQBRilf_hPD0BZGz5zOmZJ0HRPtFzON2VmTAklbucdF1tWwvxquT05S3OpzZkKu1KEj9lxpaw4XnJfd6QXYggGwwdmGHIR6ujh1Iiqmqbbdpm-orOw/s72-c/10+Jajanan+Pasar+Yang+Kini+Mulai+Jarang+Di+Jumpai.jpg
Unik Menggelitik
http://unikgeli.blogspot.com/2016/01/10-jajanan-pasar-yang-kini-mulai-jarang.html
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2016/01/10-jajanan-pasar-yang-kini-mulai-jarang.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago