Archive Pages Design$type=blogging

Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber

Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber

Memasuki bulan suci Ramadhan banyak agenda untuk melaksanakan buka bersama. Acara tersebut sering dimanfaatkan sebagai sarana silaturahmi, temu kangen, reuni, maupun sebagai ajang saling mempererat keakraban. Bukber biasanya digelar oleh lingkungan sekolah, kampus, teman sepermainan, teman kantor maupun relasi kerja.

Dalam menyiapkan acara buka puasa bersama ini, tidak sedikit dari kita yang kurang matang dalam merencanakan. Padahal, momen bukber sangat baik untuk meningkatkan rasa kebersamaan. Sangat disayangkan jika kita tidak menyiapkannya dengan baik.
Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber

Untuk itulah, ada beberapa tips menyiapkan acara bukber agar lebih baik dalam mempersiapkannya.

Tempat
Menyiapkan tempat untuk pelaksanaan bukber tentu sangat penting. Ibarat rumah, tempat buka bersama ini sebagai ruang tamu, ruang makan sekaligus ruang santai.

Dalam bukber, tentunya Anda ingin berada di sebuah tempat yang nyaman bukan? Apalagi berkumpul dengan orang-orang terdekat, pasti suasananya harus benar-benar kondusif. Memilih sebuah tempat untuk buka puasa bersama hendaknya mempertimbangkan 3 hal, yaitu;

Pertama, situasi dan kondisi. Pilihlah sebuah tempat, misal restoran atau kafe, yang mempunyai ruang private. Maksudnya adalah ruang yang terpisah dari ruang lain. Ingat, bukan berarti harus tertutup. Setidaknya ada jarak dari ruangan lain. Mengapa demikian? Saat kita menanti waktu buka puasa tiba, dapat dimanfaatkan untuk saling mengobrol. Atau beberapa pihak juga mengisinya dengan diskusi keagamaan.

Nah, coba bayangkan, ketika ruangan yang digunakan bercampur dengan ruangan lain tentu saja kita akan terganggu oleh aktivitas yang ada di sekeliling kita. Belum lagi nanti setelah kita berbuka puasa, yang dibutuhkan adalah istirahat sejenak sebelum melaksanakan sholat Maghrib. Kita membutuhkan ruangan yang nyaman.
Kedua, mushola atau masjid. Pastikan tempat yang Anda gunakan untuk acara bukber memiliki fasilitas untuk sholat, minimal sebuah mushola. Ini sangat penting, karena jarak waktu dari Maghrib hingga Isya tidak panjang. Jika sudah melaksanakan sholat, maka kita pun merasa lega. Tinggal bersantai dan meneruskan makan sambil bercengkerama dengan kerabat dan saudara.

Ketiga, usahakan tempat Anda dan teman-teman Anda melaksanakan bukber berada di lokasi yang mudah terjangkau. Agar beberapa orang tidak kesulitan mencari lokasi acara tersebut. Sehingga nantinya bisa menimbulkan kepanikan, baik panitia maupun peserta. Detik-detik waktu buka puasa sudah di depan mata, namun masih disibukkan memberi instruksi kepada teman-teman yang tidak tahu jalan. Akhirnya saat adzan berkumandang, masih ada peserta yang di jalan. Tentu saja hal ini dapat mengurangi kebahagiaan bukber bukan?

Anggaran
Anggaran buka bersama sangat penting, karena dengan itulah acara dapat berlangsung. Apakah harus mahal? Oh, tentu saja tidak! Kita dapat memanajemen anggaran asalkan tahu bagaimana mengelolanya. Sekarang banyak restoran atau kafe yang menyediakan paket makan dengan harga yang wajar. Tidak terlalu mahal, tapi juga tidak murahan. Artinya, paket yang ditawarkan tetap berisi menu yang istimewa.

Jika Anda menjadi panitia bukber, silakan menemui bagian marketing restoran untuk meminta penjelasan secara detil menu apa saja yang ada dalam paket. Jangan sampai Anda dan teman-teman kecewa karena menu makanannya tidak sesuai ekspektasi.

Usahakan Anda meminta model prasmanan alias mengambil makanan sendiri. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak. Dari pihak Anda, prasmanan memberi kebebasan peserta untuk mengambil makanan sesuai selera dan porsi. Karena tiap orang berbeda-beda. Di pihak restoran juga menguntungkan, karena tidak perlu susah-susah menyiapkan porsi per porsi.

Satu hal lagi, usahakan meminta hidangan yang lengkap. Dari mulai makanan inti hingga makanan penutup atau cuci mulut.

Acara
Yang dimaksud adalah acara setelah buka bersama. Kita biasanya diberi waktu 1-2 jam oleh pihak restoran untuk acara bukber. Tentu saja, acara tersebut dilaksanakan setelah sholat Isya dan sholat Tarawih. Syaratnya sesuai dengan tips di atas, yaitu ada fasilitas ibadah. Alasannya? Supaya kita lebih tenang dengan mendahulukan kewajiban ibadah tentunya.

Acara yang di maksud, bisa berbentuk ramah tamah, saling share, bemusyawarah, atau yang lainnya. 

Di sela acara tersebut, kita dapat memanfaatkan untuk membicarakan hal yang positif. Ambil contoh acara reuni. Kita bisa berdiskusi mulai dari kabar, pekerjaan, keluarga. Bahkan dari obrolan ringan tersebut, bukan tidak mungkin menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat. Misal; rencana halal bi halal, agenda bakti sosial, menengok orang sakit, saling bantu dalam hal bisnis, dan sebagainya. 

sekian tips dalam mempersiapkan acara bukber.unik menggelitik
Name

Islami Kesehatan Kisah Korea Kuliner Lifestyle Misteri Pengetahuan Peristiwa Selebriti Teknologi Unik Wisata
false
ltr
item
Unik Menggelitik: Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber
Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber
Inilah Tips Jika Kamu Mengadakan Bukber
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhfvCWfCHK0OEs4oFYfpHK_4m8FWiSARbJa_W5ZCukRiyDdWuo3BPxFMMgZ9DnSuIywBvNLrXhII5nQKM0R-HPxrKOtZvMRSTjopQ5_16G4o3YgASKygKGovA8tgIVl_yOh3yeXy5jZTw/s400/Inilah+Tips+Jika+Kamu+Mengadakan+Bukber.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjhfvCWfCHK0OEs4oFYfpHK_4m8FWiSARbJa_W5ZCukRiyDdWuo3BPxFMMgZ9DnSuIywBvNLrXhII5nQKM0R-HPxrKOtZvMRSTjopQ5_16G4o3YgASKygKGovA8tgIVl_yOh3yeXy5jZTw/s72-c/Inilah+Tips+Jika+Kamu+Mengadakan+Bukber.jpg
Unik Menggelitik
http://unikgeli.blogspot.com/2016/06/inilah-tips-jika-kamu-mengadakan-bukber.html
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/
http://unikgeli.blogspot.com/2016/06/inilah-tips-jika-kamu-mengadakan-bukber.html
true
97024095622371214
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago